Selamat Datang di Garfazh Utama Nurseri

Kami Menjual Bibit Tanaman Buah, Tanaman Pelindung/Kehutanan, dan Tanaman Langka Melayani Partai dan Eceran Siap Kirim Seluruh Indonesia

KUALITAS TERJAMIN HARGA BERSAING

Kamis, 16 April 2009

Artikel Nam-Nam

Tanaman ini sering juga disebut "Kapi anjing" yang berasal dari kawasan Malesia bagian timur dan tumbuh secara liar di hutan-hutan di Sulawesi. Buah namnam yang masih muda rasanya asam sekali, tetapi kandungan asam ini akan menurun menjelang buah matang. Buah yang matang dapat dimakan dalam keadaan segar atau diolah dengan dicampur gula dijadikan manisan. Juga dapat dijadikan rujak, asinan, serta disiapkan dalam bentuk sambal yang khas (sambal namnam). Pohon namnam merupakan tanaman hias yang menarik untuk ditanam di pekarangan, dapat pula dipotkan dan ditumbuhkan sebagai bonsai. Kayunya tidak bermanfaat, sekalipun untuk kayu bakar.
NAM NAM
Cynometra cauliflora L.
Indonesia: Nam nam, namnam, pukih (Sunda), puki anjing
Malaysia: Nam nam
Inggris: Nam nam
Klasifikasi
Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio : Magnoliophyta (berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub-kelas : Rosidae
Ordo : Fabales
Familia : Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus : Cynometra
Spesies : Cynometra cauliflora L.
Perdu atau pohon kecil, tinggi 3 - 15 m, bertajuk agak padat dengan percabangan yang berbiku-biku. Daun berpasangan dengan 1 pasang anak daun; anak daun bundar telur lonjong, tidak simetris, panjang 5,5 - 16,5 cm dan lebar 1,5 - 5,5 cm, hampir duduk. Perbungaan kauliflori, 4 - 5 tandan kecil mengelompok bersama-sama pada benjolan-benjolan batang di atas tanah, panjang rakis 0,5 - 3 cm, kelopak bunga putih pink, mahkota putih, benang sari 8 - 10. Buah polong, berbentuk ginjal, panjang 3 - 9 cm dan lebar 2 - 6 cm, coklat. Biji berbentuk ginjal gepeng dan coklat, panjang 3 - 6 cm dan lebar 2 - 4 cm (id.wikipedia)